Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results

Minggu, 15 Januari 2012

SAAT KITA MERASA TUHAN BEGITU JAUH

Bacaan Firman:
Bacalah Mazmur 55:1-6; Ibrani 13:5

Pertanyaan renungan:
1. Apa yang dilakukan oleh Daud ketika ia merasa jauh dari Tuhan? (Mazmur 55:2-3).
2. Hal apakah yang terjadi di dalam hati Daud? (Mazmur 55:5-6).
3. Apakah janji Tuhan bagi kita yang percaya kepada-Nya? (Ibrani 13:5).

Raja Daud adalah salah satu tokoh yang menginspirasi kita lewat kehidupan dan keintiman dirinya dengan Allah. Ia adalah orang yang berkenan di hati Allah. Orang-orang yang diperkenan oleh Tuhan pada zaman Perjanjian Lama adalah mereka yang memiliki jalur komunikasi khusus dengan Tuhan. Namun dalam bacaan kita hari ini, Daud merasa bahwa Tuhan bersembunyi dari dia. Tuhan seakan-akan tidak memperhatikan, bahkan tidak mau menjawab doanya. Perasaan Daud bercampur aduk: cemas, teraniaya, gelisah, ngeri, takut dan gentar, bahkan diliputi oleh keseraman. Apakah Anda sedang mengalami hal yang sama seperti Daud? Apakah Anda merasa Tuhan bungkam dan tak menjawab doa Anda? Pertanyaannya adalah apakah Tuhan benar-benar jauh dari Daud atau dari Anda? Paulus menulis dalam Ibrani 13:5 bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan atau meninggalkan kita. Dia adalah Bapa yang setia dan Ia pasti menyertai kita. Oleh karena itu, Daud bangkit lagi dan berkata, “Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah,”(Mazmur 55:23). Daud sadar bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan dia atau meninggalkan dia. Demikian pula dengan kita. Apakah hari ini Anda merasa Tuhan begitu jauh?

Renungan firman:
Pernahkah Anda merasa Tuhan begitu jauh dari Anda? Bagaimana caranya Anda bangkit kembali? Bagikan pengalaman Anda dengan anggota komsel Anda.

1 komentar:

  1. MAZMUR
    55:1 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud.
    55:2 Berilah telinga, ya Allah, kepada doaku, janganlah bersembunyi terhadap permohonanku!
    55:3 Perhatikanlah aku dan jawablah aku! Aku mengembara dan menangis karena cemas,
    55:4 karena teriakan musuh, karena aniaya orang fasik; sebab mereka menimpakan kemalangan kepadaku, dan dengan geramnya mereka memusuhi aku.
    55:5 Hatiku gelisah, kengerian maut telah menimpa aku.
    55:6 Aku dirundung takut dan gentar, perasaan seram meliputi aku.
    IBRANI
    13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

    BalasHapus