Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results

Selasa, 03 Januari 2012

PERSEMBAHAN YANG BENAR

Bacaan Firman
Bacalah Roma 12:1-3.

Pertanyaan renungan:
1. Apa nasihat Paulus bagi setiap orang Kristen? (ayat 1).
2. Hal apakah yang harus kita ubah untuk mengetahui kehendak Allah? (ayat 2).
3. Untuk naik ke the next level, apa yang harus kita lakukan? (ayat 3).

Yang harus dipersembahkan kepada Allah adalah tubuh kita. Seluruh pikiran, perkataan, dan perbuatan, serta seluruh kemampuan dan kegiatan kita harus dipersembahkan kepada Tuhan. Hal itu berarti ada beberapa pertimbangan: Pertama, 'mempersembahkan' berarti penyerahan total. Kita tidak bisa menyisihkan sebagian untuk milik sendiri (bandingkan Kisah 5:1-11). Kedua, selain 'tubuh', tidak ada korban lain yang harus dipersembahkan orang Kristen. Tuhan tidak menghendaki pemberian kita, tetapi pribadi kita. Itu yang disebut persembahan hidup. Kalau pasti dikorbankan dalam keadaan mati, sedangkan kita harus dalam keadaan masih hidup. Perkataan 'hidup' dipakai untuk, 'yang hidup dalam hidup yang baru' (Roma 6:4), dan 'hidup yang telah dibangkitkan oleh Roh Kudus (Roma 8:11). Karena orang percaya hidup bagi Allah, maka mereka 'telah mati bagi dosa' (Roma 6:11). Jadi, 'persembahan yang hidup' adalah penyerahan diri kita untuk menempuh kehidupan baru, yang menjauhi dosa dan menentang kuasa dosa. Persembahan itu disebut kudus. Jadi, ungkapan 'tubuh = kehidupan' kita bukan lagi milik kita. Sebab 'mempersembahkan korban' berarti korban itu diserahkan sebagai milik Allah. Jika orang percaya 'mempersembahkan tubuhnya' kepada Allah, maka seluruh kehidupan mereka adalah milik Tuhan. Oleh karena itu perkataan ' kudus' mencakup pula arti ' suci'. Oleh sebab itu, sudahkah kita mempersembahkan seluruh pikiran, perkataan, perbuatan, seluruh kemampuan dan kegiatan kita kepada Tuhan? Apakah kita telah mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup kepada Tuhan? Putuskanlah untuk melakukannya sekarang ini.

Renungan firman:
Ceritakan pengalaman Anda saat Anda mempraktekkan Roma 12:1-3. Ajaklah anggota komsel untuk saling mendoakan.

2 komentar:

  1. ROMA
    12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
    12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
    12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.
    KISAH PARA RASUL
    5:1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
    5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.
    5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.
    5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.
    5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."
    5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."
    5:10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.
    5:11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.

    BalasHapus
  2. ROMA
    6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
    6:11 Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.
    8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu

    BalasHapus